Membuat Visa Korea Selatan (Republic of Korea)



Annyeonghaseyo para gaes. Apa kabar?

Di tulisan kali ini saya akan membahas gimana sih cara membuat atau mengurus visa untuk berkunjung ke Korea Selatan.

Pada saat pembuatan visa ini, saya belum memiliki tiket pp ke/dari Korea. Saya hanya memiliki tiket berangkat dari Jakarta ke Tokyo. Loh, punya tiket ke Jepang kok malah bikin visa Korea? Ini akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.

Lalu, apa saja persyaratan yang perlu disiapkan untuk mengajukan permohonan visa? Berikut adalah beberapa persyaratan yang mesti kalian siapkan :

1.    Paspor Asli dan Fotokopi Paspor
Siapkan paspor kalian dan jangan lupa untuk fotokopi paspor bagian identitas + halaman yang ada visa/cap kunjungan. Kalo paspornya masih baru ting-ting (kalo ada, kalo engga ya cukup halaman identitas saja)

2.    Formulir Aplikasi Visa
Isi formulir dan tempelkan foto ukuran 35x45mm (3.5x4.5cm) berlatar belakang warna putih. Form dapat diunduh di link berikut : Formulir VISA

3.    Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
Melampirkan fotokopi kartu keluarga

4.    Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat bekerja
Pada saat mengajukan visa ini, saya cukup melampirkan surat keterangan kerja tanpa perlu fotokopi SIUP tempat bekerja

5.    Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar
Jika kalian masih berstatus mahasiswa/pelajar. Kalo bukan, ga perlu melampirkan ini ya.

6.    Fotokopi Bukti Keuangan
Bukti keuangan disini yaitu
-      Surat Referensi Bank beserta rekening koran 3 bulan terakhir. Cukup datang ke Bank yg kalian punya account nya disitu dan mintalah untuk dibuatkan surat referensi dan cetak rekening koran. Yang perlu diingat, surat referensi bank tidak dapat jadi saat itu juga, tetapi keesokan harinya. Untuk di BCA, 1 surat referensi dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000.

Pastikan nominal kalian yang ada di dalam rekening mencukupi untuk biaya hidup selama di sana. Dalam salah satu isian di formulir, terdapat perkiraan nominal yang kira-kira dikeluarkan selama menjelajah negeri ginseng.

-      Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21)
Nah, ini menjadi salah satu persyaratan yang mesti kudu wajib dilampirin. Kalau saya, waktu itu minta ke HRD di kantor untuk persyaratan ini.

Tambahan nih :
** Untuk tipe visa C-3 Multiple silahkan untuk melihat persyaratan Multiple Visa
** Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
** Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti keuangan suami atau keluarga
** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)


Cuma itu saja kok persyaratannya. Tidak perlu ada bukti booking pesawat ataupun penginapan. Setelah persyaratan tersebut lengkap semua kalian dapat meluncur ke : Cek Aplikasi,cukup masukkan No Aplikasi, Tanggal Lahir, No. Paspor, dan Nama. Untuk nama, tuliskan nama belakang dulu ya. Misalnya : Dia Sudia Rudia, maka ditulisnya Rudia Dia Sudia (kalau dua kata, misalkan Dia Sudia, maka ditulisnya Sudia Dia)

Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia
Jl. Jendral Gatot Subroto Kav.57 Jakarta 12950

Lokasinya persis disamping Rumah Sakit Medistra. Sangat mudah kok menemukannya. Untuk jam operasionalnya

o    Pengajuan Aplikasi Visa      : 09.00 - 11.30
o    Pengambilan Visa                : 13.30 - 16.00


No. Antrian

Setelah masuk ke ruangan, langsung ambil nomer antrean ya dan perhatikan jangan sampai kelewatan. Dari proses ambil nomer antrean sampai taro berkas itu ga sampai 10 menit loh. Enak bukan? Ya, suasana pagi itu cukup sepi. Saya datang tepat pukul 9 pagi.

Ketika dipanggil, langsung menuju loket dan serahkan berkas perlengkapan tersebut.

Simplenya : Ambil Nomor Antrean à Dipanggil ke Loket à Serahkan Berkas à Bayar





Berikut adalah daftar biaya permohonan visa Republik Korea

1.    Single Visa (Visa kunjungan di bawah 90 hari)                 : Rp   544.000
2.    Single Visa (Visa kunjungan di atas 90 hari)                    : Rp    816.000
3.    Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun)                               : Rp 1.224.000
4.    Double Visa (Dua kali masuk dan berlaku untuk 6 bulan): Rp    952.000

Biaya tersebut tidak akan dikembalikan jika visa ditolak ya. Pastikan persyaratan yang diajukan komplit, lengkap, tanpa kurang satu apapun.


Yang perlu diingat, hanya menerima pembayaran tunai. Jadi, siapkan uang tunai kalian. Lupa bawa? Kalian mesti ke ATM dan ATM terdekat itu ada di RS. Medistra. Biaya yang harus saya bayarkan sebesar Rp. 544.00 karena saya mengajukan single visa.

Setelah kalian melakukan pembayaran, kalian akan mendapatkan tanda terima pembayaran yang nantinya akan digunakan pada saat pengambilan paspor kalian.


Lama pembuatan visa adalah minimal 6 hari kerja terhitung setelah menyerahkan berkas (sebelumnya pada saat saya membuat visa, cukup 4 hari kerja saja). Nah, biar ga harap-harap cemas, kalian bisa pantau online kok mengenai status aplikasi kalian melalui website :


Kalau sudah tertulis approved, kalian bisa langsung melenggang kembali ke Kedutaan untuk mengambil paspor yang sudah tertempel visa Korea.

Jangan kaget ketika kalian melihat perbedaan pengajuan dan pengambilan visa. Suasana pengambilan visa tampak lebih ramai, jadi siapkan waktu dan datang lebih awal aja ya, biar ga terlalu nunggu terlalu lama. Mudahnya, tata cara pengambilan visa yaitu :

Ambil No Antrean à Dipanggil ke Loket à Serahkan Tanda Terima Pembayaran à Selesai

Setelah nama dipanggil, kalian bakal berbunga-bunga karena visa sudah diterima dan tertempel di lembaran paspor kita. Saya mendapatkan visa dengan masa berlaku 90 hari dan maksimum tinggal selama 30 hari.

#TipsAndre bagi teman-teman yang ingin membuat visa Korea :

1.    Siapkan persyaratan yang dibututuhkan + form yang sudah diisi, jadi ketika datang ga perlu sibuk untuk isi-isi selain itu di kantor ini tidak disediakan formulir. Karena bukti booking tiket pesawat dan penginapan tidak diperlukan, ga perlu dilampirin ya. Tapi kalo mau dilampirkan, monggo silakan saja.

2.    Pastikan jumlah saldo di tabungan (yang tercatat di rekening koran) kalian cukup selama berlibur disana. Kalo menurut saya sih ini jadi concern terpenting ya, kalau ada sponsor sih santai aja hahaha.

3.    Siapkan uang cash untuk pembayaran visa

4.    Datang di awal. Ya, cukup hitungan menit saya menyerahkan berkas. Karena saya datang tepat jam 9 pagi. Enak kan? Jadi bisa lanjut beraktifitas.

5.    Cek website yang telah disediakan untuk mengetahui bagaimana status visa kalian.

6.    Tinggal berdoa, karena peluang diterima dan ditolaknya sama yaitu 50 : 50, tinggal berdoa kepada Tuhan semoga visa approved ya gaes. Ga mau kan, kalo udah punya tiket pesawat dan lain lain tapi impian berlibur ke Korea mesti terhempas gara-gara visa ditolak?


Sekian catatan dari saya. Semoga yang mau berlibur di Korea, aplikasi visa nya disetujui. Selamat mencoba dan berlibur gaes.






Komentar

  1. Kok sedih ya kalau peluangnya 50:50. Harap-harap cemas banget itu. Keknya rnggak seribet visa jepang, tapi deg-deg annya lumayan. Hahahhaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, soale ada teman yg visa nya ditolak. Ada beberapa blog bahkan cerita yg visanya ditolak juga, kan sedih

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pontianak : Terpampang Nyata di Kota Khatulistiwa

Memperpanjang Paspor Di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Unit Layanan Paspor Wilayah I - Pondok Pinang

Danau Biru Cigaru, Cisoka : Belitung Ala-Ala di Kabupaten Tangerang