Day 2 - Ngariung Ka Garut

Setelah hari pertama yang melelahkan, Kita besiap-untuk berpetualang hari ini. Bangun pagi-pagi sholat shubuh, mau mandi rasanyaaa dingin banget. Tapi setelah itu kita memutuskan untuk leyeh-leyeh dulu sebelum berpetualang hari ini. Soalnya kan baru tidur beberapa jam aja *yawn*. Oh iyaa, kita sarapan Bubur. Buburnya agak beda loh, pake cimol ada bumbu kacang dtambah dengan kerupuk mie. Enak banget, harganya juga sangat terjangkau cuma Rp. 3.000 - 4.000 per porsi.
udah cantik dan ganteng kan hehehe
Sudah sarapan, sudah mandi, sudah cantik dan ganteng. Akhirnya kita siap mulai petualangan hari ini horeeeee. Kita carter mobil buat keliling-keliling. Tujuan kita antara lain Sampireun - Kawah Kamojang - Situ Cibeureum - Pemandian Air Hangat Tarogong - dan yang terakhir Alun-Alun Kota Garut. Sebelum kita berangkat, kita mapir dulu ke rumah tantenya Heykal. Namanya Wa Ade. Rumahnya pun ga jauh dari rumah Wa Dedet. Sekalian mau titip barang-barang dulu hehehe.

lagi nunggu mobilnya datang

Mobil datang, perjalanan pun dimulai. Tujuan pertama kita adalah Kampung Sampireun. Pas sampe, semua nya takjub dengan keindahan tempat ini. Tempat menginap yang sangat keren, ekslusif, apalagi pokoknyaa indah deh. Berikut beberapa hasil jepretan di Sampireun

keren kan

kelompok versi lengkap

Saya selalu membawa map warna hijau gambar Keropi, soalnya semua data-data yang dibutuhkan ada disini hehehe. Kalo si Rara selalu bawa si momo (laptop - red) yang ujung-ujungnya ga dipake (padahal lumayan berat loh). Sampireun emang tempat yang oke banget deh, sampai-sampai Farrah sama Rara pengen banget nikah disini :O. Setelah kita mengumpulkan data seperti harga makanan, sewa tempat dan sebagainya, kita siap untuk ke tempat selanjutnya yaitu Kawah Kamojang. Sebenernya sih yaa maunya di Sampireun aja, soalnyaa indah banget. Rasanya ga mau pergi kemana-mana. Tapi karena memburu waktu, akhirnya kita lanjut lagi ke Kawah Kamojang. Perjalanan yang menyusuri perbukitan di sisi kanan-kiri masih asri banget. Kita juga melewati pipa-pipa dari dua perusahaan perusahaan oil & gas yaitu Chevron & Pertamina.

Pas sampai di gerbang masuk, ada pos pemeriksaan sekaligus loket tiket masuk. Karena kita ada surat pengantar dar kampus buat cari data, jadi harga tiketnya dapet diskon deh :p. Awal masuk jalanan agak rusak, disisi jalan terdapat kawah-kawah kecil yang mengeluarkan gelembung dan asap. Pas kita kesana emang ga lagi musim liburan, jadi nyaman banget loh. Ga terlalu rame tapi tetap ada pengunjung lainnya. Ada pula bikers yang lagi nge-downhill gitu. Emang tempat ini cocok untuk olahraga seperti itu.

Setelah parkir, kita berjalan ke atas sedikit. Disambut dengan pemandangan Kawah Kereta Api. Kenapa disebut Kawah Kereta Api, soalnya mengeluarkan suara seperti kereta api. Ini beneran loh :D. Kalo perlu bawa penutup telinga, suaranya agak keras hehehe.

pose di Kawah Kereta Api

Setelah itu kita ke kawah yang lainnya, disini bisa spa alami loh. Ditemani bapak juru kunci yang saya lupa namanya, kita dijelaskan tentang tempat ini. Spa alami ini emang enak banget loh, bikin pernapasan jadi lancar. Yang unik dari tempat ini, tebal-tipis asap yang dikeluarkan dari tanah bisa diatur si bapak juru kunci itu. Jadi, buat yang punya masalah kesehatan khususnya gangguan pernapasan bisa coba kunjungi tempat ini. Yang harus diperhatikan di tempat ini adalah jangan merokok disembarang tempat yaa. Soalnya tempat ini kan mengeluarkan gas dari perut bumi, ngeri kan kalo misalnya lagi ngerokok tiba-tiba terjadi ledakan *astagfirulloh, jangan sampe deh*

foto sama juru kuncinya :D

Selesai berkunjung dari Kawah Kamojang, kita mampir ke Situ Cibeureum. Soalnya sekalian lewat juga pas jalan pulang. Kira-kira itu pukul 11.00, kita masuk ke kawasan tersebut. Rasa penasaran pun menyeruak, disini tempat apa sih?? Danau nya kaya gimana?? dan lainnya deh pokoknya. Ternyataeh ternyata kita tersesat di tengah hutan pegunungan lebih dari satu jam, mobil yang kita tumpangi terperosok di lubang. Pokoknya kita kaya main offroad dengan menggunakan mobil carry. Semua itu gara-gara salah ambil jalan. Setelah lebih dari satu setengah jam, kita sampai juga di Situ Cibeureum. Dan mau tau seperti apa????? Hanya sebuah danau yang memang agak kemerahan warnanya. Kalo saya pikir sih masih lebih bagus danau UI.

Emang sih agak kecewa juga, tapi kalo ga dicoba kita ga bakalan tau kan. Setelah melihat danau tersebut, kita memutuskan langsung menuju tempat selanjutnyaa yaitu tempat pemandian air panas di Tarogong. Dari Situ ke pintu keluar kita membutuhkan waktu cuma 5-10 menit. Sebentar banget kan. Ga kaya pas masuk yang mebutuhkan waktu yang lama gara-gara tersesat.

Di Tarogong, kita mengumpulkan daftar harga tempat pemandian air panas. Tanpa terasa waktu sudah menunjukan pukul 14.30. Kita belum makan siang. Udah laper banget deh pokoknya. Kita diajak ke rumah tantenya Heykal untuk makan siang (GRATIS loh, tetep yaa jiwa mahasiswa nya). Rumah tantenya Heykal ini persis disamping objek wisata Situ Bagendit. Disajikan makanan yang enak, langsung habis dalam sekejap (yang paling banyak makan pastinya si Panji). Perut sudah terisi jadi tambah semangat deh HAHAHA (apalagi gratisan :p)

ekspresi setelah kenyang hahaha :D

Ekspedisi hari ini hampir tuntas. Kita di -drop di rumah tantenya Heykal yang dekat dengan alun-alun kota Garut. Kok tantenya Heykal mulu sih yaaa?? Ya iya lah, Heykal itu emang berasal dari Garut. Jadi kerabatnya banyak yang tinggal di sini hehehe.

foto bareng adiknya Heykal

Sambil menunggu malam, ceritanya kita mau main-main di alun-alun kota Garut. Ternyata rame banget loh. Ada komunitas skateboard, komunitas mobil dan sebagainya yang lagi kumpul-kumpul. Kita keliling pusat perbelanjaan, sekalian cari keperluan buat berendam air hangat pada malam harinya. Malam pun tiba, kita kembali lagi ke rumah tantenya Heykal. Sebelumnya, kita sudah buat janji dengan pengelola Rumah Makan Pujasega buat cari Data. Tujuan selanjutnya, kita kembali ke rumah Wa Ade soalnya Pujasega lumayan dekat dari situ. Akhirnya karena keterbatasan kendaraan, hanya saya dan Farrah yang tinggal di Rumah Wa Ade. Setelah santap malam (yang lagi-lagi gratisan), tak terasa saya & farrah ketiduran di ruang tamu. Kalo yang lain sih makan malam di Pujasega, dapet gratisan dari pengelolanya. Mereka makan western menu loh. Enak banget kan . Saya & Farrah ga iri sih, soalnya emang udah ga sanggup juga kesana. Udah kecapean juga kali yaaa . Tapi poin pentingnya, bisa istirahat-tidur sejenak :D

Untuk melepas lelah yang teramat sangat, kita mau berendam air panas. Karena udah malam juga, jadi jarang angkutan yang lewat. Kita jalan kaki dari rumah Wa Ade ke pemandian air panas. tanpa terasa mungkin kita sudah jalan lebih dari 2 kilometer. Dan puncaknya adalah pemandian air panasnya TUTUP. Wah, udah jalan jauh tapi tutup. Rasanya itu mau terjun ke jurang deh *lebaynya mulai lagi*. Akhirnya kita memutuskan untuk pulang ke rumah Wa Dedet untuk istirahat. Tapi karena waktu menunjukkan sudah lebih dari 23.00, sudah tidak ada angkutan dan delman. Alhasil kita menumpang mobil pick up untuk ke rumah Wa Dedet :D


liat kan wajah-wajah capeknya :D

yaaa, bisa liat kan capeknya kaya apa. Perjalanan hari kedua ditutup dengan pengalaman yang luar biasa :D



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pontianak : Terpampang Nyata di Kota Khatulistiwa

Memperpanjang Paspor Di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Unit Layanan Paspor Wilayah I - Pondok Pinang

Danau Biru Cigaru, Cisoka : Belitung Ala-Ala di Kabupaten Tangerang